Sawit Indonesia

 
Kecambah Sawit

 

Indonesia sebagai penghasil CPO
terbesar di dunia

Tanaman sawit pertama kali ada di Indonesia sejak tahun 1848, dibawa oleh Belanda, awalnya ditanam sebagai tanaman hias, pada 1911 mulai dibudidayakan di Kesultanan Deli dan Aceh. Pusat pemuliaan dan penangkaran dilakukan di Marihat dikenal dengan nama AVROS (Algemeene Vereniging van Rubberplanters ter Oostkust van Sumatra) atau Perhimpunan Pengusaha Perkebunan Karet di Pantai Timur Sumatra.

Saat ini Indonesia dikenal sebagai penghasil CPO, minyak kelapa sawit terbesar di dunia, diproduksi dari lahan lebih dari 10 juta ha, tersebar diberbagai pulau, terutama Sumatera, Kalimanta, Jawa dan Sulawesi.

 
 

Empat fakta tentang dunia kelapa sawit Indonesia



CPOCPO

Negara Penghasil CPO Dunia

Lima negara terbesar penghasil CPO (Crude Palm Oil) dunia, didominasi oleh Indonesia, Malaysia, Thailand dan Colombia (Oilworld Database, 2015). Posisi Indonesia akan semakin kuat, seiring dengan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, agar pemilik lahan sawit melakukan intensifikasi. Pemberdayaan lahan yang ada dan belum berproduksi.

Kebijakan pemerintah untuk mempertahankan moratorium sawit, menghentikan perluasan lahan, memicu perkebunan di berbagai daerah, harus melakukan intensifikasi, memaksimalkan lahan yang ada, melakukan replanging dan menanami lahan kosong yang belum dikelola dengan baik. Mereka membutuhkan bibit sawit berkualitas.

Kelapa Sawit Sumatera

Tanaman sawit di Indonesia

Tanaman kelapa sawit (elaeis) pertama kali ada di Indonesia sejak tahun 1848, dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda. Awalnya ditanam sebagai tanaman hias di pingir jalan, Kebon Raya Bogor, Jawa Barat. Pada 1911 mulai dibudidayakan di Kesultanan Deli dan Aceh. Pusat pemuliaan dan penangkaran dilakukan di Marihat dikenal dengan nama AVROS (Algemeene Vereniging van Rubberplanters ter Oostkust van Sumatra) atau Perhimpunan Pengusaha Perkebunan Karet di Pantai Timur Sumatra. Tumbuh dengan baik di daerah sub tropis (15° Lintang Utara - 15° Lintang Selatan) pada ketinggian 0-500 meter diatas permukaan laut dengan kelembaban 80-90%. Tersebar mulai dari Aceh, Jambi, Riau, Sumatera Utara dan seluruh daerah di Kalimantan. Ada di Sulawesi dan pulau Jawa

Saat ini Indonesia dikenal sebagai penghasil CPO, minyak kelapa sawit terbesar di dunia mengalahkan negara tetangga Malaysia, diproduksi dari lahan lebih dari 17 juta ha pada 2014 (GAPKI), tersebar diberbagai pulau di nusantara, terutama Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi. Luas lahan tersebut masih dikalhkan oleh ladang kacang kedelai seluas 111 juta hektar pada tahun yang sama, penyebaran bibit sawit unggul banyak berasal dari perkebunan kelapa sawit Marihat di Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun.