Marihat Klon

Marihat Klon

Bibit Kelapa Sawit Marihat Klon

Salah satu andalan produksi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (KPPS) Marihat yang semakin popular sejak dikembangkan mulai dari tahun 1985 adalah bibit unggul kelapa sawit dengan nama Marihat Klon (MK). Dengan perkembangan teknologi dan teknik kultur jaringan bibit tanaman ini telah menyebar di berbagai lahan sawit di wilayah nusantara, terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan. Didistribusikan untuk ditaman oleh perusahaan dan pengusaha sawit Indonesia di berbagai kawasan. Terhampar luas untuk memenuhi kebutuhan CPO (Crude Palm Oil) dunia.


Keuntungan Menggunakan Bibit Sawit Marihat Klon

Pertumbuhan yang seragam pada lahan sawit.

Potensi produktivitas lebih tinggi, antara 20 hingga 30% bila dibandingkan dengan kelapa sawit yang ditanam dengan benih kecambah sawit pada umur yang sama.

Terindikasi lebih tangguh, tahan terhadap serangan berbagai jenis ragam hama dan penyakit tanaman.

Mampu berproduksi dengan jauh lebih cepat jika dibanding dengan tanaman kelapa sawit yang berasal dari benih kecambah.

Perawatan, pemeliharaan cukup praktis dan mudah.


Hasil penelitian membuktikan bahwa produksi buah yang dihasilkan PTPN IV, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, bibit tanaman Marihat Klon menghasilkan kwalitas yang lebih tinggi bila dibandingkan bibit asal kecambah DxP.

Kelapa Sawit

Benih Yang Baik Dihasilkan Pohon Yang Baik

Benih yang baik selalu dihasilkan oleh pohon yang baik. Begitu juga dengan tanaman kelapa sawit. Ada beberapa ciri penting yang cukup mudah dikenali untuk mendapatkan bibit sawit berkualitas.Pastikan kecambah sawit memiliki mata tunas berwarna putih dan bersih, normal, dan ukuran akarnya kurang dari dua sentimeter. Bentuk benih cenderung lonjong. Tempurungnya harus berwarna hitam kelam, bebas jamur, bersih dari serabut. Setiap benih hanya memiliki satu mata tunas berbentuk lurus serta akar yang terlihat kokoh, segar dan masih bertudung.


Ciri Berdasarkan Jenis
Setiap jenis tanaman kelapa sawit, selalu memiliki ciri berbeda. Dengan demikian penting dipelajari ciri-riri dari jenis benih tersebut. Misalnya benih tenera yang bagus, ditandai dari biji yang tipis ukuran tempurung kecil. Sebaliknya, benih dura yang bermutu tinggi justru memiliki biji besar dengan tempurung tebal.

Ciri Saat Benih Masih Kecil
Karakteristik benih kelapa sawit unggul yang masih kecil tajuknya selalu terlihat sempurna. Pangkal batang besar, dan struktur terlihat kekar dan pendek. Jika diperhatikan, daun dan batangnya berkelir hijau segar. Selain itu, benih unggul memiliki akar yang kokoh, tidak mudah goyah, daun normal


Hindari benih berbentuk tinggi langsing, pelepah daun menutup, serta kondisinya terlihat penyakitan, segera singkirkan, musnahkan.


Bibit Unggul Sawit

Proses Pembibitan Sawit

Proses pembibitan tanaman sawit yang disebut dengan pre nursery dan main nursery. Dibagi sesuai dengan umur kecambah sawit, ditempatkan pada plastik polyback media tanam yang tepat sebelum tanaman dapat dipindahkan ke lahan yang telah dipersiapkan.


Pre Nursery
Kecambah yang sudah disiapkan dan disortir, kemudian ditanam dalam polybag berukuran 10x15 centimeter (cm). Kualitas tanah subur menjadi sangat penting dan dipastikan terdapat lubang perforasi serta penempatan yang membuat bibit tanaman mendapat sinar matahari yang sangat cukup. Saat bibit telah menunjukan tanda-tanda seperti munculnya satu daun tunggal yang sehat. Ini menandakan bibit siap untuk stage kedua.



www.sawitmarihat.com

Main Nursery
Bibit yang sudah berdaun satu dipindahkan ke dalam polybag yang lebih besar dengan ukuran 42,5 cm x 50 cm. Lubang drainase sebagai sarana keluar masuknya aliran air saat dilakukan penyiraman perlu untuk dipastikan ukurannya. Sebab tanaman sawit adalah bangsa palem-paleman, jika jumlah air terlalu melimpah maka pertumbuhannya akan kurang baik. Saat bibit sawit berusia tiga bulan perlu dilakukan penjarangan posisi polybag. Jarak yang ideal berkisar antara 90 x 90 cm. Ini dilakukan agar perkembangan tanaman sawit tidak terlalu dekat dan bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.


Jayalah industri sawit Indonesia, tanaman terhampar luas di bumi pertiwi untuk kesejahteraan rakyat, penghasil devisa bagi negara..